Rabu, 01 Juni 2011

SEHAT DAN AWET MUDA DENGAN ORHIBA ( BAG II )

Saya masih pingin tau lebih banyak tentang orhiba, penasaran.
Karena itu saya berusaha mencari tahu lagi tentang gerakan-gerakan orhiba

Berikut cara-cara melakukan latihan Orhiba:
Tahap persiapan

  1. Berdiri tegak tanpa alas kaki, tumit rapat. Jari-jari kaki direnggangkan secukupnya. Pusatkan pikiran dan hubungkan diri dengan Allah. Sadarilah bahwa badan adalah ciptaan yang paling sempurna.
  2. Perhatikan dan lihat badan jasmani, timbulkan rasa kasih kepada badan sendiri bayangkan daging di bawah kulit.
  3. Sentuhlah (raba) seluruh badan mulai dari lengan kanan, lengan kiri, dada, perut, paha, lutut, kaki, pundak, leher, kepala dan wajah.
  4. Waktu meraba wajah dengan kedua tangan, bayangkan wajah sendiri.
  5. Tegakkan punggung, busungkan rongga dada, kuatkan perut, otot-otot di bawah perut, otot-otot punggung. Kuatkan pusat dada dan timbulkan hasrat (niat) untuk melakukan olahraga hidup agar badan daging tetap hidup.
Tahap latihan
  1. Dalam sikap seperti di atas, bentangkan lengan ke samping (rata bahu), lalu putar kedua lengan dengan kuat ke arah belakang, membuat lingkaran sebesar mungkin. Lakukan gerakan memutar lengan secara terus-menerus tanpa terputus-putus.
  2. Ketika lengan bergerak ke atas kuatkan otot-otot perut, tumit akan terangkat sedikit kira-kira 2 cm (tetapi jangan berjingkat atau jinjit). Kuatkan otot-otot punggung ketika lengan menurun dan tumit menyentuh lantai.
  3. Selama latihan, otot-otot badan harus tegang, dada tetap dibusungkan, jakun ditarik ke belakang. Buka mulut sedikit agar udara dapat keluar-masuk dengan leluasa. Lihat atau bayangkan langit biru (alam semesta).
  4. Setelah cukup memutar lengan sesuia dengan kemampuan, hentikan gerakan lengan tetapi usahakan badan tetap tegang, tanpa bernapas selama beberapa detik. Lalu lepaskan ketegangan badan, berdiri dan bernapas biasa kembali.
Tahap penutup

Sekali lagi raba-raba seluruh badan daging seperti pada tahap awal. Panjatkan puji syukur kehadirat Allah dengan harapan semoga badan senantiasa sehat, kuat dan hidup.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat, latihan Orhiba harus dilakukan 3 sampai 5 kali dalam sehari.
Pada permulaan, lakukanlah 25 atau 50 kali putaran saja. Bagi orang yang tubuhnya lemah karena sedang sakit atau usia lanjut, jumlah gerakan memutar lengan dilakukan menurut kemampuan. Jangan sekali-kali memaksakan diri.

Secara bertahap jumlah putaran lengan harus ditambahkan hingga mencapai minimum 200 kali. Jika telah mampu melakukan 200 kali putaran, hendaknya jumlah itu jangan dikurangi lagi. Latihan dapat diulang-ulang dengan jarak waktu 30 menit atau lebih.

Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dengan rutin melakukan latihan Orhiba, antara lain sebagai berikut:
  1. Setiap kali selesai latihan, badan terasa segar (fit) karena ada energi diterima oleh badan
  2. Baik untuk mengatasi obesitas, karena selera makan diatur oleh tubuh sesuia kebutuhan.
  3. Keinginan merokok akan hilang
  4. IQ anak meningkat, tambah intelijen, mudah menyerap pelajaran.
  5. Bermanfaat sebagai olahraga di sekolah-sekolah, kantor-kantor, pusat rehabilitasi, rumah jompo dan lain-lain.
  6. Menghilangkan stres, depresi, perasaan jadi optimis, tenang, tegar dan lebih percaya diri.
Berikut Adalah Beberapa Gerakan Orhiba dan Manfaat Tiap Gerakan ORHIBA
 
Gerakan 1
Putar tangan  ke belakang, tangan tetap lurus penuh tenaga, badan tegap, gerakan tidak terputus-putus.
Gerakan 2
Putar tangan kedepan, tangan tetap lurus penuh tenaga, tangan bertemu diwaktu memutar kedepan, badan tegap, gerakan tidak terputus-putus.
Fungsi:
Untuk melemaskan (rileks) otot-otot tubuh kita, membersihkan paru-paru, melancarkan pernapasan, memperkuat kerja jantung.
Keterangan:Waktu berolah raga, rasakan juga organ-organ tubuh yang terkena gerakan. Misalnya gerakan No 1 & No 2; waktu memutar dirasakan dan disayangi anggota tubuh yang dikenai gerakan tsb yaitu paru-paru, jantung, saluran pernapasan, punggung, otot-otot tangan dan leher, supaya sehat selalu. 
Gerakan BAHU
 
Bahu diputar penuh ke belakang, sehingga dada harus terbuka, gerakan tidak terputus-putus atau kontinyu Yaitu: kedua bahu sama-sama ditarik kedepan, keatas, kebelakang, lalu kebawah, hingga merupakan gerakan memutar bahu secara kontinyu tidak terputus, sambil mempertegangkan bagian punggung sebelah atas.
Fungsi:
Untuk memperbaiki dan menyehatkan paru-paru, jantung, diafragma, saluran pernapasan, leher, lambung, hati, ginjal, dan tulang belakang.
Keterangan: Waktu berolah raga, rasakan organ-organ tubuh yang terkena dari gerakan. Masing-masing bergerak 24x.

ORHIBA sikap sempurna, lalu tekan diafragma (terletak diantara paru-paru dan perut/ perbatasan paru-paru dan perut)Otot-otot perut (serong luar), dengan menekan bagian perut sebelah kanan (hati dan sekitarnya), dan kemudian menekan bagian perut sebelah kiri (limpa dan sekitarnya).

Kempeskan perut sekempes mungkin. Otot-otot perut ditarik ke dalam dengan mengencangkan dan menekan isi perut kebelakang.

Fungsi:
Untuk memperbaiki dan menyehatkan lambung, limpa, hati, ginjal, usus besar, usus halus, kantong urine.

Keterangan: Waktu berolah raga ORHIBA, rasakan organ-organ tubuh yang terkena dari gerakan. pada waktu menekan hati kita berhasrat membersihkan hati saya dari penyakit, dan pada waktu menekan limpa kita berhasrat membersihkan limpa saya dari penyakit

ORHIBA - Jangan lupa bayangkan terus dan terus langit biru rasakan dan getarkan seluruh daging mu. selalu berpikiran saya sehat kuat dan hidup sempurna daging. saya selalu berdoa kita selalu dekat dengan tuhan sehingga kuasa kuasa tuhan akan selalu memberikan sehat dan melindungi kita dari segala macam mara bahaya baik dari fisik walaupun rohani.


Pinggul diayun kedepan mengarah ke atas (hentakkan), sambil mengencangkan otot-otot pantat.
Kaki kanan diangkat (jinjit) berat badan ditekankan pada pinggang, pinggul, dan kaki sebelah kiri (sambil pinggul dilempar ke kiri). Kemudian kaki kiri diangkat (jinjit) berat badan ditekankan pada pinggang, pinggul, dan kaki sebelah kanan (sambil pinggul dilempar ke kanan). Dilakukan secara bergantian.
Pinggul diayun kebelakang, sambil mengencangkan otot-otot dibawah pinggang (belakang), ikuti arah panah. 
Fungsi:
Untuk memperbaiki dan menyehatkan lambung, hati, ginjal, usus besar, usus halus, kantong urine, kelamin, dubur.
 
Keterangan: Waktu berolah raga, rasakan organ-organ tubuh yang terkena dari gerakan.  SEMOGA SELALU DIBAWAH LINDUNGAN KUASA ALLAH

 
 
langkah pertama
Mulut dan hidung menghirup udara sebanyak-banyaknya dari alam, kemudian ditaruh/ditekankan pada diafragma dan ditahan. Dirasakan diseluruh badan sehingga menjadi tegang dan bertenaga. Kemudian dikeluarkan dihembuskan dengan kuat sampai udara habis (dengan mengempeskan isi perut dan mengosongkan paru-paru), kemudian langsung menghirup lagi. Usahakan jangan ada jeda, dan mata tetap terbuka (jangan redup).
langkah Kedua
Menghirup udara (zat alam) sebanyak-banyaknya dari Hidung (jangan dari mulut, mulut terkatup), ditaruh pada paru-paru, kemudian disalurkan (dirasakan mengalir) melewati leher, sampai ke seluruh isi/bagian kepala dan otak kita. Di tahan selama mungkin, baru kemudian nafas dikeluarkan dengan hembusan panjang melalui mulut sampai udara habis (perut kempes diafragma menekan keatas, paru-paru kosong), kemudian langsung menghirup udara lagi melalui hidung. Usahakan jangan ada jeda. Diwaktu menahan nafas kepala dapat diputar dan mata terbuka lebar supaya lebih cepat merasuk ke kepala dan otak kita.
Fungsi:
Menyehatkan paru-paru, jantung, diafragma, saluran pernapasan, mata, hidung, alat-alat suara, tenggorokan, syaraf-syaraf pada leher bagian belakang, kerongkongan, dan syaraf-syaraf di kepala, otak.
Keterangan: Diafragma : terletak diantara paru-paru dan perut / perbatasan wilayah paru-paru dan perut. Waktu berolah raga, rasakan organ-organ tubuh yang terkena dari gerakan. Masing-masing bergerak 24x.



Sumber :
http://hawa.blog.uns.ac.id/2011/05/25/orhiba-olahraga-hebat-dengan-1-gerakan-tangan/ 
http://orhiba-baru.blogspot.com/2010/07/arti-dari-setiap-gerakan-orhiba-5.html 

0 komentar:

Poskan Komentar